Senin, 09 April 2012

Tugas Jarkom

1.1 komputer pribadi dan aplikasi

1.1.1 bagaimana dan di mana komputer digunakan 

Komputer memainkan peran yang semakin penting dan hampir sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer yang digunakan di seluruh dunia dan dalam semua jenis lingkungan. Mereka digunakan dalam bisnis, manufaktur lingkungan, rumah, kantor pemerintah dan organisasi nirlaba. Sekolah menggunakan komputer untuk instruksi dan untuk menjaga catatan siswa. Rumah sakit menggunakan komputer untuk mempertahankan catatan pasien dan untuk memberikan perawatan medis.

Selain jenis komputer, ada juga komputer yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu. Komputer-komputer ini dapat diintegrasikan ke dalam perangkat seperti televisi, mesin kas, sistem suara, dan perangkat elektronik lainnya. Mereka bahkan dapat ditemukan tertanam dalam peralatan seperti kompor dan kulkas dan digunakan dalam mobil, dan pesawat.

Dimana komputer yang ditemukan dalam lingkungan Anda?

Komputer digunakan untuk banyak alasan dan di berbagai tempat. Mereka mungkin berbeda ukuran dan daya proses, tetapi semua komputer memiliki beberapa fitur yang sama. Agar kebanyakan komputeruntuk melakukan fungsi yang berguna, ada tiga hal yang harus bekerja sama:

1. Hardware - komponen fisik, baik internal maupun eksternal, yang membentuk komputer.

2. Sistem Operasi - satu set program komputer yang mengatur perangkat keras dari komputer. Sebuah sistem operasi mengontrol sumber daya pada komputer, termasuk memori dan penyimpanan disk.Contoh dari sistem operasi Windows XP.

3. Aplikasi - program yang dimuat pada komputer untuk melakukan fungsi tertentu menggunakan kemampuan komputer. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata atau game komputer.

1.1.2 lokal dan jaringan aplikasi

Komputer ini hanya sebagai berguna sebagai program atau aplikasi di atasnya. Aplikasi dapat dibagi menjadi dua kategori umum:

Bisnis / Industri Software - Software yang dirancang untuk digunakan oleh industri tertentu atau pasar. Contohnya termasuk: alat manajemen praktek medis, alat pendidikan dan perangkat lunak hukum.

Gunakan Software umum - Software yang digunakan oleh berbagai organisasi dan pengguna rumah untuk berbagai keperluan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh setiap bisnis atau individu.

Perangkat lunak penggunaan umum termasuk paket aplikasi terintegrasi yang dikenal sebagai Ruangan Kantor. Mereka biasanya termasuk aplikasi seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi database, dan kontak / manajemen jadwal.

Aplikasi populer lainnya termasuk perangkat lunak editing grafis dan aplikasi multimedia authoring. Peralatan ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi foto dan juga membuat presentasi media yang kaya yang menggunakan suara, video dan
 
Selain Bisnis / Industri dan perangkat lunak Penggunaan Umum, aplikasi dapat digolongkan sebagai lokal atau jaringan.

Aplikasi lokal - Suatu aplikasi lokal adalah program, seperti pengolah kata, yang disimpan pada hard disk komputer. Aplikasi ini hanya berjalan pada komputer tersebut.

Aplikasi jaringan - Suatu aplikasi jaringan adalah salah satu yang dirancang untuk berjalan melalui jaringan, seperti Internet. Sebuah aplikasi jaringan memiliki dua komponen, satu yang berjalan pada komputer lokal dan salah satu yang berjalan pada komputer remote. Email adalah contoh dari aplikasi jaringan.

Sebagian besar komputer memiliki kombinasi dari aplikasi lokal dan jaringan terpasang.


1.2 jenis komputer

1.2.1 kelas komputer
Ada berbagai jenis komputer yang tersedia termasuk:
1. mainframe
2. server
3. Desktops
4. workstation
5. laptop
6. Genggam portabel perangkat

Setiap jenis komputer telah dirancang dengan tujuan tertentu dalam pikiran, seperti akses portabel untuk informasi, pengolahan grafis rinci, dan sebagainya.

Jenis yang paling umum dari komputer yang digunakan di rumah dan bisnis adalah server, workstation, desktop, laptop dan perangkat portable lainnya. Mainframe, di sisi lain, adalah komputer terpusat besar ditemukan di perusahaan yang cukup besar dan membeli melalui reseller khusus.
 

1.2.2 server, desktop, dan workstation
 
server

Server adalah komputer kinerja tinggi yang digunakan dalam bisnis dan organisasi lainnya. Server memberikan layanan kepada banyak pengguna akhir atau klien.

Perangkat keras server dioptimalkan untuk waktu respon cepat untuk permintaan jaringan ganda. Server memiliki beberapa Unit Pengolahan Pusat (CPU), sejumlah besar Random Access Memory (RAM) dan beberapa hard disk kapasitas tinggi yang menyediakan pencarian informasi sangat cepat.

Layanan yang diberikan oleh server sering penting dan mungkin perlu tersedia bagi pengguna setiap saat. Server, oleh karena itu, sering mengandung duplikat, atau berlebihan, bagian untuk mencegah mereka dari kegagalan. Backup otomatis dan manual data juga biasanya dilakukan secara teratur. Server biasanya disimpan di daerah yang aman di mana akses dikendalikan.

Desain mereka mungkin salah satu dari beberapa jenis: mereka dapat menjadi desain menara yang mandiri, adalah rak mount, atau memiliki desain pisau. Sejak server biasanya digunakan sebagai titik penyimpanan dan bukan hari-hari pengguna akhir perangkat, mungkin tidak memiliki monitor atau keyboard, atau dapat berbagi monitor dan keyboard dengan perangkat lain.

Layanan umum ditemukan di server termasuk penyimpanan file, penyimpanan email, halaman web, print sharing dan lainnya.

Desktops

Desktop mendukung banyak pilihan dan kemampuan. Berbagai macam kasus, pasokan listrik, hard drive, kartu video, monitor dan komponen lainnya yang tersedia. Desktop dapat memiliki jenis sambungan yang berbeda, pilihan video, dan beragam peripheral didukung.

Desktop biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi seperti pengolah kata, spreadsheet dan aplikasi jaringan seperti email dan browsing web.

Ada lagi jenis komputer yang mungkin terlihat mirip dengan desktop, tetapi jauh lebih kuat: workstation.

Workstations

Workstation adalah komputer bertenaga tinggi bisnis. Mereka dirancang untuk khusus, aplikasi high-end seperti program rekayasa seperti CAD (Computer Aided Design). Workstation yang digunakan dalam 3-D grafis desain, video animasi dan simulasi virtual reality. Mereka juga dapat digunakan sebagai stasiun manajemen untuk telekomunikasi atau peralatan medis. Seperti dengan server, workstation biasanya memiliki beberapa CPU, sejumlah besar RAM dan beberapa, disk drive berkapasitas tinggi yang sangat cepat. Workstation biasanya memiliki sangat kuat kemampuan grafis dan monitor besar atau beberapa monitor.

Server, desktop dan workstation semua 

1.2.3 portabel perangkat


Selain berbagai jenis komputer stasioner, ada banyak perangkat elektronik portabel tersedia.

Perangkat portabel bervariasi dalam kemampuan ukuran, kekuatan dan grafis dan meliputi:
1. Laptop atau notebook PC
2. Tablet PC
3. Pocket PC
4. Personal Digital Assistant (PDA)
5. Perangkat game
6. Ponsel

Laptop, juga disebut notebook, dapat dibandingkan dengan desktop dalam kemampuan penggunaan dan pengolahan. Namun, mereka adalah perangkat portabel dibangun untuk menjadi ringan dan menggunakan sedikit daya, dengan monitor built-in mouse, dan keyboard. Laptop juga dapat dipasang ke sebuah docking station yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan monitor yang lebih besar, mouse, keyboard berukuran penuh dan memiliki pilihan koneksi yang lebih.

Meskipun demikian, laptop memiliki sejumlah konfigurasi yang tersedia, seperti opsi video dan jenis koneksi. Mereka juga tidak mudah diupgrade sebagai desktop.

Perangkat portable lainnya, seperti PDA atau PC saku, memiliki CPU kurang kuat dan RAM kurang. Mereka memiliki layar kecil dengan kemampuan layar terbatas dan mungkin memiliki input keyboard kecil.

Keuntungan kunci dari komputer portabel adalah bahwa informasi dan layanan yang tersedia segera, hampir di mana saja. Sebagai contoh, telepon selular memiliki built-in buku alamat untuk nama kontak dan nomor telepon. PDA yang tersedia dengan built-in perangkat lunak telepon, web browser, email, dan lainnya.

Fungsi perangkat ini individu dapat dikombinasikan ke dalam satu perangkat multifungsi. Perangkat multifungsi dapat menggabungkan sebuah PDA, ponsel, kamera digital, dan pemutar musik. Hal ini dapat menyediakan akses internet dan kemampuan jaringan nirkabel, tetapi telah membatasi daya proses serupa dengan PDA.

1.3 Biner Representasi Data 


1.3.1 Respresenting Informasi Digital

Dalam komputer, informasi diwakili dan disimpan dalam format biner digital. Bit istilah adalah singkatan dari binary digit dan merupakan bagian terkecil dari data. Manusia menginterpretasikan kata dan gambar, komputer menginterpretasikan pola-satunya bit.

Sedikit hanya dapat memiliki dua nilai yang mungkin, satu digit (1) atau angka nol (0). Sedikit dapat digunakan untuk mewakili keadaan sesuatu yang memiliki dua negara. Misalnya, tombol lampu dapat berupa Aktif atau Tidak aktif, dalam representasi biner, negara-negara ini akan sesuai dengan 1 dan 0 masing-masing.

Komputer menggunakan kode biner untuk mewakili dan menafsirkan huruf, angka dan karakter khusus dengan bit. Sebuah kode yang biasa digunakan adalah American Standard Kode untuk Informasi Interchange (ASCII). Dengan ASCII, setiap karakter diwakili oleh serangkaian bit. Sebagai contoh:

Modal huruf: A = 01000001
Nomor: 9 = 00.111.001
Karakter khusus: # = 00100011
Setiap kelompok delapan bit, seperti representasi huruf dan angka, dikenal sebagai byte.

Kode dapat digunakan untuk mewakili hampir semua jenis informasi digital: data komputer, grafis, foto, suara, video dan musik.

1.3.2 Mengukur kapasitas penyimpanan data

Sementara sedikit adalah representasi terkecil data, unit paling dasar dari penyimpanan digital adalah byte. Suatu byte adalah 8 bit dan merupakan unit terkecil dari ukuran (UOM) digunakan untuk mewakili kapasitas penyimpanan data.

Ketika mengacu pada ruang penyimpanan, kita menggunakan istilah byte (B), kilobyte (KB), megabytes (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB).

Satu kilobyte adalah sedikit lebih dari seribu byte, khususnya 1.024. Suatu megabyte mewakili lebih dari satu juta byte atau 1.048.576. Gigabyte adalah 1.073.741.824 byte dan sebagainya. Jumlah pasti diperoleh dengan mengambil 2 ^ n kekuatan. Contoh: KB = 2 ^ 10; MB = 2 ^ 20; GB = 2 ^ 30.

Secara umum, ketika ada sesuatu yang diwakili secara digital, semakin besar detail, semakin besar jumlah bit yang diperlukan untuk mewakilinya. Sebuah rendah resolusi gambar dari kamera digital akan menggunakan sekitar 360KB, dan gambar resolusi tinggi bisa menggunakan 2 MB atau lebih.

Kilobyte, megabyte, gigabyte, dan terabyte biasanya digunakan untuk mengukur ukuran atau kapasitas penyimpanan perangkat. Contoh komponen dan perangkat yang menggunakan penyimpanan byte meliputi: memori akses acak (RAM), ruang hard disk drive, CD, DVD, dan MP3 player.




1.3.3 Mengukur Kecepatan, Resolusi Frekuensi

Salah satu keuntungan dari informasi digital adalah dapat ditransmisikan jarak jauh tanpa mutu yang menjadi terdegradasi. Modem digunakan untuk mengubah informasi biner ke bentuk yang sesuai untuk transmisi melalui medium.

Media yang umum digunakan adalah:
Kabel, yang menggunakan pulsa listrik melalui kabel tembaga
Fiber optik, yang menggunakan pulsa cahaya lebih serat yang terbuat dari kaca atau plastik
Nirkabel, yang menggunakan pulsa daya rendah gelombang radio.




Ada dua ukuran untuk ukuran dari suatu file: bit (b) dan byte (B). Insinyur komunikasi berpikir dalam hal mentransfer bit, sedangkan pengguna komputer berpikir dalam hal ukuran file, yang biasanya diukur dalam Bytes (seperti kilobyte, megabyte, dll). Ada delapan bit untuk satu byte.

Tingkat data menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer file. Semakin besar file, lama waktu yang dibutuhkan, karena ada informasi lebih lanjut untuk mentransfer. Kecepatan transfer data diukur dalam ribuan bit per detik (kbps) atau jutaan bit per detik (Mbps). Perhatikan, bahwa dalam singkatan kbps, k huruf kecil digunakan sebagai pengganti atas kasus K. Hal ini karena ketika berbicara tentang transfer data, insinyur paling bulat angka itu. Jadi kbps sebenarnya mengacu pada transfer 1000 bit informasi dalam satu detik, sedangkan Kbps akan mengacu pada transfer 1024 bit informasi dalam satu detik. Sebuah DSL atau modem kabel dapat beroperasi dalam kisaran 512 kbps, 2 Mbps atau lebih tinggi tergantung pada teknologi yang digunakan.

waktu download

Waktu download Dihitung bersifat teoretis dan tergantung pada sambungan kabel, kecepatan prosesor komputer dan biaya lainnya. Untuk mendapatkan perkiraan dari panjang waktu yang dibutuhkan untuk men-download file, membagi ukuran file dengan data rate. Misalnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer foto digital resolusi rendah dari 256KB melalui koneksi kabel 512kbps? Langkah pertama, mengkonversi ukuran file menjadi bit: 8 x 256 x 1024 = 2097152 bit. 256KB sesuai dengan 2097 kb. Perhatikan bahwa 2097152 dibulatkan ke 1000 terdekat, k kasus sehingga lebih rendah digunakan. Waktu download adalah 2097 kb kemudian dibagi dengan 512 kbps, yang setara dengan sekitar 4 detik.
 

Selain kapasitas penyimpanan dan kecepatan transfer data, ada unit ukuran lainnya ketika bekerja dengan komputer.

Resolusi Layar Komputer

Grafis resolusi diukur dalam pixel. Pixel adalah titik yang berbeda dari cahaya yang ditampilkan pada monitor. Kualitas layar komputer didefinisikan dengan jumlah piksel horizontal dan vertikal yang dapat ditampilkan. Sebagai contoh sebuah monitor layar lebar mungkin dapat menampilkan 1280 x 1024 piksel dengan jutaan warna. Adapun resolusi gambar dalam kamera digital, diukur dengan jumlah mega piksel yang dapat ditangkap dalam sebuah foto.

Analog Frekuensi

Hertz adalah pengukuran seberapa cepat sesuatu yang siklus atau menyegarkan. Satu hertz mewakili satu siklus per detik. Dalam komputer, kecepatan prosesor komputer diukur dengan seberapa cepat dapat siklus untuk mengeksekusi instruksi, diukur dalam hertz. Sebagai contoh, sebuah prosesor yang berjalan pada 300 MHz (megahertz) laksanakan 300 juta siklus per detik. Transmisi nirkabel frekuensi radio dan juga diukur dalam hertz.


1.4 komponen Komputer dan peripheral

1.4.1 Sistem komputer

Ada banyak jenis komputer. Apa yang membuat satu komputer lebih cocok untuk memainkan permainan baru atau memutar file audio baru yang lainnya? Jawabannya adalah komponen dan peripheral yang membentuk sistem komputer.

Persyaratan untuk mesin didedikasikan terutama ke pengolah kata yang sangat berbeda dari satu dirancang untuk aplikasi grafis atau game. Hal ini penting untuk menentukan penggunaan yang dimaksudkan untuk komputer sebelum memutuskan pada jenis komputer dan komponen untuk membeli.

Banyak produsen memproduksi massal sistem komputer dan menjualnya baik melalui pemasaran langsung atau rantai ritel. Sistem komputer yang dirancang untuk berfungsi dengan baik untuk berbagai tugas. Ada juga beberapa vendor yang dapat merakit kustom sistem komputer dengan spesifikasi pengguna akhir. Ada kelebihan dan kekurangan untuk keduanya.

 


Preassembled Komputer

Keuntungan:
1. Turunkan biaya
2. Cukup untuk melakukan aplikasi yang paling
3. Tidak ada masa tunggu untuk perakitan
4. Biasanya digunakan oleh konsumen yang berpengetahuan kurang yang tidak memerlukan kebutuhan khusus

Kekurangan:
Sering tidak memiliki tingkat kinerja yang dapat diperoleh dari komputer yang dibangun khusus

Kustom Built Komputer

Keuntungan:
Pengguna akhir dapat menentukan komponen yang tepat yang memenuhi kebutuhan pengguna
Secara umum mendukung aplikasi kinerja yang lebih tinggi seperti grafik, game, dan aplikasi server

Kekurangan:
Umumnya lebih mahal dibanding suatu alat
Lagi menunggu waktu untuk perakitan

Hal ini juga memungkinkan untuk membeli bagian-bagian individu dan komponen komputer dan membangunnya. Terlepas dari keputusan untuk membeli sistem yang dibangun preassembled atau kebiasaan atau membangunnya, produk akhir harus sesuai dengan persyaratan dari pengguna akhir. Beberapa item yang perlu dipertimbangkan ketika membeli komputer meliputi: motherboard, prosesor, RAM, penyimpanan, kartu adapter, serta kasus dan pilihan daya.







Motherboard A juga dapat berisi slot konektor untuk kartu jaringan, video dan suara. Namun, banyak motherboard sekarang datang dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai komponen yang terintegrasi. Perbedaan antara keduanya adalah bagaimana mereka ditingkatkan. Bila menggunakan konektor di motherboard, komponen sistem yang mudah dicabut dan diubah atau ditingkatkan sebagai kemajuan teknologi.

Ketika melakukan upgrade atau mengganti fitur on-board, tidak dapat dihapus dari motherboard. Oleh karena itu, itu sering perlu untuk menonaktifkan fungsi on-board dan menambahkan kartu khusus tambahan dengan menggunakan konektor.

Ketika memilih motherboard itu harus:
Mendukung jenis CPU yang terpilih dan kecepatan
Dukung jumlah dan jenis RAM sistem yang diperlukan oleh aplikasi
Memiliki slot cukup dari jenis yang tepat untuk menerima semua kartu antarmuka yang diperlukan
Memiliki antarmuka yang cukup dari jenis yang tepat

 

0 komentar:

Poskan Komentar

weLcome in my bLog ^_^"

mampir sebentaar yyaa......di bLog ssaiaa......mkaseeeh.....
S.E.L.A.M.A.T__D.A.T.A.N.G
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Donald The Duck Virtual Pet

Winnie The Pooh

Ada kesalahan di dalam gadget ini