Kamis, 29 Maret 2012

Perkembangan Komputer dan Masyarakat

  1. Perkembangan Teknologi Komputer
Tanpa kita sadari bersama, komputer ternyata telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku baik di negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Sebagai salah satu penemuan teknologi komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk teknologi lainnya yang sudah mapan seperti kereta api, mobil, pesawat udara, televisi dan sebagainya.
Yang membedakan komputer adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Selain itu yang hal lain yang membedakannya adalah kecepatan perkembangan teknologinya.
Dalam beberapa tahun terakhir ini para ahli fisika, elektronika dan komputer dapat mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu digunakan sebagai bagian pengendali dari produk teknologi lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer pribadi dan jalur perakitan otomatis di industri.
Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor ataupun di rumah. Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data untuk bermacam-macam keperluan. Pada saat ini di sekolah-sekolah banyak kita jumpai pengolahan nilai siswa dengan komputer yang dapat membantu pembuatan daftar nilai, penghitungan nilai rata-rata kelas ataupun laporan-laporan untuk kepentingan evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan sebagainya.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Beberapa contoh bidang pekerjaan yang juga mulai berpengaruh, misalnya :
1.      Penyiapan surat-menyurat sampai penyimpanan arsipnya di kantor.
2.      Bidang animasi untuk membantu pembuatan film kartun dengan memanfaatkan kemajuan-kemajuan dalam bidang grafika komputer dan pengolahan citra.
3.      Membantu pemakai dalam menelusuri indeks subjek dan indeks pengarang di perpustakaan.
4.      Dukungan layanan administratif di rumah sakit seperti data pasien.
5.      Pemesanan tiket pesawat terbang.
6.      Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian dan kependudukan.
7.      Pengendali proses produksi di bidang industri pada negara maju dengan memanfaatkan kemampuan dan ketelitian komputer yang tinggi.
Di negara maju, apresiasi masyarakat terhadap komputer lebih merata dibandingkan dengan di negara berkembang karena penetrasi komputer di masyarakat maju sudah lebih lama terjadi.
Di negara yang sedang berkembang, beberapa lapisan masyarakat tertentu sudah merasakan manfaat komputer sedangkan beberapa lapisan lainnya belum mengenalnya. Keadaan ini akan berubah cepat atau lambat secara bertahap.
Adalah tidak bijaksana bila ada sebagian dari anggota masyarakat yang seolah merasa terancam dengan masuknya komputer ke masyarakat, sebab peran komputer di masyarakat pada akhirnya akan ditentukan oleh masyarakat itu sendiri.
Lebih mudah untuk memberikan apresiasi yang wajar terhadap dampak dari pemanfaatan komputer di masyarakat daripada mengabaikannya sama sekali. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus disertai dengan dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut.
Pengamatan terhadap dampak dari komputer di masyarakat dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan pengamatan terhadap penggunaan lampu lalu lintas untuk mengatasi kemacetan ataupun pengamatan terhadap pencemaran lingkungan.
Komputer merupakan penemuan yang amat penting dan mendasar. Berbagai jenis komputer seperti microprocessor, komputer mini sampai ke komputer besar telah menempati posisinya dalam masyarakat. Komputer tersebut tidak hanya membantu melaksanakan pekerjaan, akan tetapi mengubah tata carakerja dan sekaligus menimbulkan tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungannya.

STRATEGI MEMASYARAKATKAN KOMPUTER

 Pemakaian komputer di Indonesia pada umumnya masih berkisar sebagai alat bantu dalam merepresentasikan informasi. Berawal dari keadaan ini, pengembangan perlu dilakukan berpegang pada hipotesa bahwa komputer hanyalah alat bantu untuk merepresentasikan informasi. Hambatan utama yang ada umumnya hanya karena masalah‑masalah "tak kenal maka tak sayang". Hal ini menimbulkan berbagai hal seperti buta komputer, perasaan takut pada komputer dsb. Proses pengenalan tentunya memakan waktu dan perlu dilakukan secara bertahap. Apalagi untuk tingkat sekolah dasar dan menengah, prinsip belajar sambil bermain yang merangsang untuk berani mengambil resiko perlu diterapkan. Hal‑hal ini diharapkan menimbulkan kesadaran akan keterbatasan dan kemampuan komputer, cara pemanfaatan komputer sebaik mungkin.
      Langkah yang umum dilakukan di lembaga pendidikan komputer yang ada di Indonesia sering menitikberatan pada jumlah materi yang diberikan tanpa penekanan pada pemahaman proses dan peningkatan cara berfikir. Orang sering berfikir bahwa semakin banyak bahasa komputer yang diajarkan semakin baik. Keadaan semakin memburuk dengan banyaknya orang yang mengikuti kursus komputer hanya untuk mengejar sertifikat untuk mencari pekerjaan. Kemauan untuk mengembangkan diri, berani belajar dan mengambil resiko tidak terlalu ditekankan.
      Permasalahan diatas menunjukan betapa pentingnya pemahaman konsep bekerja dengan menggunakan komputer dan peningkatan cara berfikir. Ada beberapa langkah umum yang dapat ditempuh agar seseorang dapat bekerja semaksimal mungkin dengan menggunakan komputer. Bertolak dari pemahaman bahwa komputer merupakan alat bantu untuk mempresentasikan informasi. Beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk memasyarakatkan komputer adalah sebagai berikut.

1.      Tahap awal adalah memahami pengoperasian komputer. Disini diperkernalkan berbagai konsep tentang komputer mulai dari istilah, perintah, cara kerja, konfigurasi yang digunakan. Hal ini dapat dilakukan sedini mungkin sejak sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Salah satu issu yang juga menarik dibicarakan adalah upaya pengindonesiaan baik istilah maupun pemrograman komputer.
2.      Pada tahap ini ditanamkan keuntungan‑keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya alat bantu komputer. Pemahaman dilakukan melalui contoh penggunaan program aplikasi untuk memperestasikan informasi seperti program pemroses kata, desktop publishing atau merancang dan menggambar menggunakan komputer (computer aided design). Karena sifat program‑program ini yang umumnya cukup mudah dioperasikan, perasaan takut untuk menghadapi komputer dapat dikikis sedikit demi sedikit dan diganti perasaan senang bekerja menggunakan komputer. Pada tahap ini, murid baru menerima komputer sebagai alat bantu.
3.      Khususnya untuk pelajar‑pelajar tingkat sekolah dasar atau menengah. Pemahaman pelajaran dapat dilakukan dengan bantuan komputer. Beberapa program aplikasi yang ada dapat digunakan keperluan tersebut. Sebagai contoh untuk pelajaran matematika program aplikasi simbolik matematik seperti MACSYMA [1] atau MAPLE [2] dapat digunakan. Contoh penggunaan ke dua program tersebut misalnya dalam pemfaktoran, penghitungan akar persamaan kuadratis maupun kubik, operasi matriks, solusi persamaan linear beberapa buah anu, kalkulus differensial dan integral. Hasil perhitungan tersebut dapat disajikan di kelas pada saat pengajar menerangkan beberapa topik misalnya, persamaan gerak lurus, rangkaian listrik, populasi penduduk, penghitungan bunga uang dan sebagainya.
            Di samping itu, ada perangkat lunak lainnya untuk latihan soal bahkan untuk mensimulasi hukum-hukum alam (seperti fisika, kimia, biologi). Program semacam ini amat menarik untuk disajikan sebagai praktikum untuk memantapkan konsep hukum‑hukum alam yang disajikan dalam kelas. Sebagian program ini bahkan dapat diperoleh secara cuma‑cuma karena merupakan program untuk masyarakat umum (public domain).
            Pada tahap ini, cara berfikir murid ditingkatkan dibantuan komputer. Diharapkan murid-murid tersebut mampu berdiri sendiri dan mempunyai motivasi belajar yang tinggi.
4.      Tahap selanjutnya adalah mengembangkan kemampuan siswa untuk bekerja dan menganalisa masalah menggunakan komputer. Pada tahapan ini konsep‑konsep seperti basis data, aplikasi tabel (spread‑sheet) untuk membantu pemecahan masalah dapat diketengahkan. Kemampuan untuk meninjau informasi yang ada dan memformulasikan dalam program aplikasi yang digunakan dapat dikembangkan. Disini, murid-murid diberikan pengenalan secara umum perangkat yang ada di komputer.
5.      Jika prasarana fisik memungkinkan, pada tahapan ini diketengahkan konsep bermasyarakat menggunakan komputer. Sarana fisik jaringan komputer mutlak diperlukan untuk memungkinkan hal ini terjadi. Konsep‑konsep untuk berdiskusi secara elektronik, tata‑cara yang digunakan, kemungkinan bekerjasama secara elektronis dapat dikembangkan disini. Tingkat ini mungkin akan berjalan baik pada tingkat mahasiswa universitas atau tingkat lainnya yang lebih tinggi. Kerjasama secara elektronis antar berbagai lembaga penelitian ‑ industri ‑ perguruan tinggi akan menjadi kenyataan disini.
6.      Pada tahap akhir, kemampuan untuk membuat sendiri program‑program yang dibutuhkan dapat dikembangkan. Teknik pemrograman yang baik, misalnya menggunakan sifat‑sifat yang modular, object oriented dsb. dapat diketengahkan.

Tiap tahapan di atas sifatnya berdiri sendiri walaupun satu tahapan merupakan kelanjutan tahapan yang lain. Setiap orang dapat berhenti pada setiap tahapan tergantung pada kebutuhannya.

  1. Contoh Aplikasi yang Membantu
Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan.
Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
a.       Word Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.



 









Contoh tampilan program aplikasi Microsoft word
b.       Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
c.       Program Speadsheet
Merupakan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
d.      Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
e.       Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop.







Contoh Tampilan program aplikasi adobe photoshop
f.       Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting
g.      Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.
h.      Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.

i.        Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video, nero showtime, winamp.














Contoh tampilan program aplikasi winamp
j.        Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.

                  k.      Antivirus

Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.










l.        CollageIt Pro v1.8.7.3522


CollageIt Pro - Membuat kolase foto dalam hitungan menit dengan hanya beberapa klik. CollageIt adalah pembuat kolase mudah digunakan dan otomatis, yang membuat kolase foto secara otomatis. Hanya ada tiga langkah untuk membuat kolase menakjubkan Anda menambahkan foto, parameter set dan menghasilkan pratinjau kolase, menyimpan kolase sebagai format gambar, seperti BMP, JPEG, PNG, TGA, GIF dll
m.    USeeSoft Audio Converter 2.0.3.5


uSeesoft Audio Converter adalah alat konversi audio profesional yang memungkinkan Anda untuk mengkonversi antara format audio yang berbeda seperti MP3, WMA, M4A, WAV, AAC, AC3, OGG, dll, seperti MP3 ke WAV, AAC ke AC3, WMA ke MP3, WAV ke WMA, dll

n.      DJ Mixer Pro 3.04
DJ Mixer Pro adalah software VJ / DJ fitur lengkap dan lengkap untuk kedua DJ pemula dan pro berpengalaman sama, It menggabungkan, canggih yang mudah digunakan antarmuka dengan alat pencampuran inovatif untuk membantu Anda melakukan campuran electrifying hidup.

o.      Sothink SWF Quicker 5.4.40795

SWF Quicker sangat fleksibel penuh animator flash fitur. Ini menyediakan kemampuan vektor sama editing seperti Adobe Flash dengan biaya yang lebih rendah; mendukung Flash CS4 (V10) dan AS 3.0; dapat mengekspor film Flash ke SWF, EXE, GIF, AVI, atau Flash Lite 2.0, 2.1 dan 3.0. Anda dapat menemukan semua yang Anda pernah mendengar tentang: desain bentuk, gerak Gerak / Shape / Gambar Tween penciptaan, dipandu dan menambahkan audio streaming. Dengan software animasi Flash unik, Anda dapat mengimpor SWF dan mengeditnya sesuka Anda.

  1. Contoh Perangkat Yang digunakan
Perangkat komputer  yang sering dan harus dimengerti di antaranya:
1.      Mouse
Saran carilah mouse optic dengan konektor penghubung ke komputer menggunakan USB.
mouse
2.      Keyboard
keyboardAdalah papan yang menyediakan tuts huruf dan karakter sebagai pengganti mesin ketik. Jika Anda memilih keyboard carilah keyboard yang nyaman dipakai dan tidak mudah rusak, contohnya merk A4tech, bentuknya yang fokus ke satu arah ditengah, dan pijatan tuts yang enak membuat betah berlama-lama mengetikan karakter.



3.      Speaker
speakerAdalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari perangkat software di komputer, pada perangkat komputer juga terdapat speaker kecil di sebelah motherboard (speaker untuk proses motherboard). tapi yang dimaksud penulis adalah speaker diluar motherboard yang ditambahkan sendiri oleh pengguna. salah satu merk yang sering penulis gunakan adalah merk Simbadda suaranya cukup bagus dan harganya relatif murah.





4.      Monitor
monitorMonitor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempresentasikan kerja komputer, software komputer, hasil olahan software komputer ke layar. sebuah monitor sekarang ini bermacam-macam ada yang LCD dan ada juga yang tabung CRT (bentuknya seperti TV).  Saran dari penulis gunakanlah monitor dengan perangkat LCD karena radiasi yang datang ke mata relatif lebih kecil dan hal ini yang menyebabkan mata tidak mudah capek, ataupun betah berlama-lama, Anda cukup beruntung jika menggunakan laptop karena laptop sudah menggunakan layar LCD.



5.      Casing
Adalah sebuah tabung yang berbentuk tower atau balok berdiri, ada juga yang berbentuk tidur, yang difungsikan sebagai tempat untuk menempatkan berbagai perangkat hardware lainnya, sebagai contoh untuk meletakkan motherboard, untuk meletakkan CDROM, DVD ROM, Floppy Disk. USB dll.
casingPilihlah jenis casing yang sesuai dengan tempat yang tersedia. Berikut model casing tower atau posisi berdiri.



6.      MotherBoard
Adalah perangkat utama dari sebuah komputer, motherboard adalah sirkuit elektronik yang memproses kerja sebuah komputer, Motherboard berisikan CPU (Central processing unit) yang merupakan otak dari komputer, di Motherboard juga terdapat slot expansi (PCI,AGP,PCI Express), juga terdapat interface USB, LAN CARD, input output speaker, dll.Pilihlah motherboard dengan teknlogi terbaru.
motherboard
7.      Power Supply
powersupplyAdalah perangkat yang berfungsi memberikan asupan arus daya DC ke dalam Motherboard, power supply terleteak didalm casing. Pilihlah power supply dengan merk ternama yang mempunyai reputasi terbaik. jika tidak motherboard Anda akan cepat rusak.




8.      Stavolt
stavoltAdalah perangkat yang digunakan untuk menstabilkan tegangan listrik, jika  tegangan listrik dirumah Anda naik turun maka wajib menggunakan stavolt agar perangkat komputer Anda tidak mengalami kerusakan.





9.      Hardisk
Adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data, dalam hardisk terdapat sebuah piringan besi yang berfungsi menyimpan data. Hardisk termasuk dalam perangkat non-volatile jadi jika listrik mati data tetap disimpan di dalam hardisk.
Jenis-jenis hardisk yang paling sering digunakan di Indonesia di antaranya:
Hardisk IDE:
hardisk-idehardisk-ide21Adalah hardisk yang digunakan oleh komputer rumahan, atau komputer desktop biasa, atau juga seringa pada hardisk laptop.






Hardisk SATA
Digunakan untuk hardisk pada server.
hardisk-sata hardisk-sata2
hardisk-scsiHardisk SCSI



hardisk-scsi2
 


Cara bacanya skasi, adalah hardisk yang biasanya digunakan untuk server, misal server proxy.
Hardisk External
Adalah hardisk yang terletak diluar dari cassing, hardisk ini relatif praktis karena dapat dibawa kemana-mana, untuk menghubungkan ke komputer menggunakan perangkat kabel USB.
hardisk-eksternal

10.  USB Flash Disk
flashdiskFlash disk adalah perangkat penyimpan berkapasitas realtif besar, fungsi dari flash disk ini menggantikan fungsi dari disket.  kapasitas penyimpanan flash disk berkisar diantara 1 giga- 4 giga, dan kapasitas penyimpanan akan semakin besar perkembangan kedepannya.








11.  CD-ROM,DVD-ROM,CD-RW, DVD-RW
Perangkat yang digunakan untuk membaca kepingan Compact Dist (CD) diperlukan alat yang dinamakan CD ROM, untuk membaca kepingan DVD diperlukan alat yang dinamakan DVD-ROM, Untuk menulis data ke dalam bentuk kepingan CD diperlukan alat dengan nama CD-RW, untuk menulis data ke kepingan DVD diperlukan alat DVD-RW.
Pada umumnya orang-orang menyebutkan DVD combo, atau DVD-ROM,CD RW yang artinya bisa membaca kepingan DVD , dan CD dan dapat menulis data ke dalam kepingan CD,VCD.
Bentuk dari CD-ROM,DVD-ROM, CD-RW, DVD-RW hampir sama secara fisik, seperti tampak di bawah ini:
cdrom1
12.  Kepingan CD-DVD
Adalah media penyimpanan dalam bentuk kepingann piringan yang mengkilap, terbuat dari bahan sejenis plastik.
cd2cdCD dan DVD biasanya digunakan untuk menyimpan data musik, data film, data informasi dll. Kelemahan dari media ini tidak bisa di tulis berulang-ulang seperti halnya flask disk, dan jika ada pun terbatas untuk ditulis ulang, seperti pada perangkat CD-RW yang artinya data dapat ditulis berulang-ulang, kalau tidak salah ingat hanya sampai 12 kali penulisan ulang setelah itu kepingan akan rusak.





13.  Printer
Adalah alat yang digunakan untuk mencetak sebuah data ke dalam kertas. Beberapa jenis printer menggunakan tinta dengan isi ulang menyuntikkannya ke catride, tetapi jenis lainnya juga ada metode infus tabung, tinta ada 4 warna dan terletak diluar printer.
printer 


  1. Efek Positif dan Negatif Permasalahan yang Terjadi Pada Masyarakat Akibat Perkembangan Teknologi Komputer.
Manfaat computer bagi kehidupan kita sangat banyak dan pengaruh computer juga ada yang negatif dan positif. Manfaat komputer itu sekarang dapat dirasakan oleh semua kalangan mulai dari instasi pendidikan sampai pemerintah juga mengambil manfaat komputer. Komputer telah menjadi bagian hidup dari masyarakat saat ini, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Selain memiliki manfaat, komputer juga dapat memberi dampak negatif. Tentu saja amat dibutuhkan kepedulian orang tua dan juga para pendidik untuk mencegah anak terkena dampak negatif dari kotak canggih ini.
Beberapa manfaat positif yang dapat diambil dari penggunaan komputer :
1.      Dengan menggunakan computer, pengguna menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang di program sedemikian menariknya.
2.      Selain manfaat umum, manfaat rohani juga bisa pengguna dapatkan melalui komputer.
3.      Membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas.
4.      Secara tidak langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan computer sedang dilatih suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka menginjak dewasa dan masuk dalam duni kerja.
5.      Mempercepat pekerjaan.
6.      Mengefisienkan waktu sehingga bisa berpindah ke pekerjaan lain.
Dampak positif Internet
1.      Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.      Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web รข€“ jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.      Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4.      Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5.      Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6.      Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan
 
Beberapa manfaat negatif dari penggunaan komputer :
1.      Efek Radiasi yang Berpotensi Menghasilkan Penyakit Baru
2.      Efek Ketergantungan
3.      Kesalahan Persepsi Diyakini Oleh Masyarakat
4.      Proses Publikasi Perangkat Kesehatan yang Tidak Tepat
5.      Terganggunya Syaraf
6.      Salah satu dampak negatif yakni kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan elektronik yang menonjolkan unsur-unsur kekerasan dan agresifitas tanpa sepengetahuan orang tua.
7.      Karena terlalu sering bermain komputer, anak-anak dapat kehilangan waktu untuk bermain dengan teman-temannya dan kehidupan sosialnya menjadi kurang seimbang.
8.      Prestasi akan turun apabila anak terlalu sering berada didepan komputer terus-menerus.
9.      Pornografi dan Penipuan semakin meluas di kalangan masyarakat disebabkan masyarakat kurang memahaminya.
Dampak negatif Internet
1.      Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
2.      Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
3.      Carding
Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
4.      Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
1.      Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
2.      Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
3.      Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
4.      Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
5.      Kesimpulannya adalah tidak semua perkembangan teknologi membawa dampak positif untuk kita semua.








0 komentar:

Poskan Komentar

weLcome in my bLog ^_^"

mampir sebentaar yyaa......di bLog ssaiaa......mkaseeeh.....
S.E.L.A.M.A.T__D.A.T.A.N.G
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Donald The Duck Virtual Pet

Winnie The Pooh

Ada kesalahan di dalam gadget ini